Berbagi Ilmu Hidroponik dalam Decorintex

Berbagi Ilmu Hidroponik dalam Decorintex  – P ameran Decorintex yang dia – dakan di Grancity, Surabaya, 8– 12 Agustus 2018 ternyata tidak hanya menyajikan tren baru tentang ke perluan dekorasi rumah dan ba – ngun an. Namun juga memberikan pe – ngetahuan dan keterampilan baru un – tuk peminat hidroponik. Komunitas Hi droponik KJ7 dari Karangjati, Pan – daan, Pasuruan, Jatim, berbagi ilmu dan pengalaman dalam diskusi Hidro – ponik Sederhana kepada pengunjung pameran. Menurut Gama Apriantoro dari Ko – mu nitas Hidroponik Jatim, minat para pengunjung terhadap hidroponik sa – ngat tinggi. Berbagai motivasi melan – dasi mereka untuk mengembangkan hidroponik, seperti memberi nuansa hi jau pada rumah dan bangunan, mem peroleh pasokan sayuran organik yang terpercaya, men dapat tambahan penghasilan, sumber kegiatan keilmuan un tuk murid-murid sekolah, dan mengisi waktu luang bagi ibu rumah tangga atau pensiunan.

Namun, Gama mengungkap, pengembangan hidroponik ter kendala beberapa hal. Yak ni, kekhawatiran tentang pe ngetahuan tanaman, benih, dan parameter media tanam; luas an lahan, kondisi air, per alatan, dan bahan kimia yang harus digunakan; serta kete ram pilan dan perawatan ta na man hidroponik yang in tensif dan mahal. Tim KJ7 pun menjelaskan kiat-kiat menghadapi masalah ter sebut sekali – gus membagikan peng alam an yang telah diperoleh.

Nutrisi Tepat

Gama menuturkan, para pemula yang akan bertanam hidroponik tidak perlu takut mencoba karena saat ini sudah banyak solusi yang baik, antara lain hidroponik tidak perlu diterapkan pada lahan luas. Tanaman hidroponik di rumah pun dapat berproduksi de – ngan baik. Masalah air yang berkaporit dari PDAM dapat diolah lebih lanjut se – hing ga diperoleh air yang cocok untuk tanaman. Untuk merawat kesehatan tanaman, bisa menggunakan pe ngen – dali hama tanpa zat kimia berbahaya. Di samping itu, banyak komunitas yang siap membantu, berdiskusi, serta mendampingi dalam pembuatan alat dan penanaman. Pelatihan hidroponik juga marak dan informasi via website atau forum media sosial pun banyak tersedia. Yang tidak kalah penting, tersedia nutrisi tanaman yang dapat diandalkan.

Salah satu solusi dalam perawatan tanaman hidroponik, jelas Wina Suta, Mar – keting Com mu nica – tion Manager PT Sur – ya Prima Pharma (ARS), ada lah apli kasi nutrisi yang te pat. Be – berapa ming gu sebe – lum nya, KJ7 telah me – lakukan per cobaan yang mem banding – kan per tum buhan ta – naman tanpa nutrisi, dengan nutri si lokal, dan nutrisi Hyponica dari Je pang. Tanaman yang digunakan un – tuk per cobaan adalah se lada Romaine dan sawi Pokcay. Percobaan itu meng hasilkan panen yang lebih berat de – ngan kelopak daun yang lebih banyak. Hal ini karena kom – posisi nutrisi yang le – bih seimbang dan leng kap. Selain itu, nutrisi Hyponica ter – bukti lebih tahan ter – hadap cuaca panas da ripada nutrisi lo – kal. Dengan berbagai solusi pengem bang – an hidroponik, Wina dan Gama berha rap semakin bertam – bah para pe tani hidroponik dari skala rumahan yang tang guh mengisi pasar sayuran organik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *