Paduan Dua Storage dalam Satu Perangkat

Teknologi hybrid drive pertama kali diperkenalkan oleh Seagate. Kali ini, Western Digital menyempurnakan teknologi tersebut dengan produk terbarunya, Western Digital Black2 Dual Drive. Berbeda dengan Seagate Momentus XT, Western Digital Black2 Dual Drive bukan lah hybrid drive, melainkan sebuah SSD dan hard disk yang disatukan dalam sebuah case 2,5”. Dengan ukuran yang kecil sebesar 2,5” , sehingga dapat digunakan pada notebook. Western Digital menyadari bahwa kebutuhan SSD dan hard disk adalah dua hal yang tidak bisa disatukan.

Pengguna notebook yang menginginkan performa lebih kencang pasti akan memilih untuk mengganti hard disk miliknya dengan SSD. Namun, sebagai media penyimpanan data, hard disk mekanik tetap yang terbaik. Untuk itulah muncul Western Digital Black2 Dual Drive yang merupakan gabungan SSD berkapasitas 120 GB dengan hard disk berkapasitas 1 TB. Paket penjualannya dikemas dalam kotak eksklusif.

Sebuah flash disk turut disertakan, berisi tautan untuk men­download software yang diperlukan. Pada website tersebut juga tersedia Acronis True Image WD Edition yang dirancang khusus untuk Western Digital Black2 Dual Drive. Selain itu, juga terdapat software pendukung lainnya yang diperlukan apabila terjadi masalah pada Western Digital Black2 Dual Drive.

Pada saat pertama kali menggunakan Western Digital Black2 Dual Drive, yang terdeteksi hanyalah SSD berkapasitas 120 GB. Untuk mengaktifkan hard disk berkapasitas 1 TB dibutuhkan software khusus yang dapat di­download pada website yang telah disebutkan sebelumnya. Setelah instalasi, barulah muncul drive baru berkapasitas 1 TB.

Pengguna notebook dapat menggunakan Western Digital Black2 Dual Drive dalam dua cara, yang pertama adalah melakukan fresh install Windows dengan melakukan backup data­data penting terlebih dahulu. Sedangkan cara yang kedua adalah melakukan backup dan cloning Windows menggunakan Acronis True Image WD Edition.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *